BAB 1 MEMAHAMI NIRMANA DAN PRINSIP DESAIN GRAFIS
1. BAB 1 MEMAHAMI NIRMANA DAN PRINSIP DESAIN GRAFIS
2. Nir Mana Nirmana berarti bentuk lambang-lambang tidak bermakna dilihat sebagai kesatuan pola warna, komposisi, irama dan nada dalam desain. Untuk apa belajar sesuatu yang tidak mempunyai makna? Tidak Makna Tidak Mempunyai Makna
3. Nirmana dipahami sebagai “Bagaimana membuat sesuatu yang kosong menjadi lebih bermakna”. Definisi Nirmana adalah pengorganisasian atau menyusun elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang, dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Dengan mempelajari nirmana, seseorang diharapkan memiliki pengertian, dapat mengasah keterampilan dan mempertajam kepekaan terhadap segala sesuatu yang menyangkut dunia desain.
4. NIRMANA DWIMATRA NIRMANATRIMATRA
5. 1. Ruang Kosong (White space) Fungsi Agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan objek menjadi dominan Untuk kejelasan pembacaan dan sekaligus memberikan kesan seperti kesan profesional dan sederhana.
6. 2.Kejelasan (Clarity) Mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu.
7. 3. Kesederhanaan (Simplicity) Tepat dan tidak berlebihan sehingga mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.
8. 4. Emphasis (Point of Interest) Pusat perhatian Pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian.
9. 1. Kesatuan (Unity) Tidak ada kesatuan terlihat cerai-berai atau kacau balau Tidak nyaman dipandang
10. 2. Keseimbangan (Balance) Melihat pohon atau bangunan yang akan roboh Tidak nyaman cenderung gelisah
11. 3. Proporsi (Proportion) Keserasian Perbandingan- perbandingan yang tepat Dalam bidang desain, proporsi dapat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman
12. 4. Irama (Rhythm) Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk – bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya
13. 5. Dominasi (Domination) Dominasi – Dominance = keunggulan. Sifat unggul dan istimewa ini menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian
1. BAB 1 MEMAHAMI NIRMANA DAN PRINSIP DESAIN GRAFIS
2. Nir Mana Nirmana berarti bentuk lambang-lambang tidak bermakna dilihat sebagai kesatuan pola warna, komposisi, irama dan nada dalam desain. Untuk apa belajar sesuatu yang tidak mempunyai makna? Tidak Makna Tidak Mempunyai Makna
3. Nirmana dipahami sebagai “Bagaimana membuat sesuatu yang kosong menjadi lebih bermakna”. Definisi Nirmana adalah pengorganisasian atau menyusun elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang, dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Dengan mempelajari nirmana, seseorang diharapkan memiliki pengertian, dapat mengasah keterampilan dan mempertajam kepekaan terhadap segala sesuatu yang menyangkut dunia desain.
4. NIRMANA DWIMATRA NIRMANATRIMATRA
5. 1. Ruang Kosong (White space) Fungsi Agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan objek menjadi dominan Untuk kejelasan pembacaan dan sekaligus memberikan kesan seperti kesan profesional dan sederhana.
6. 2.Kejelasan (Clarity) Mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu.
7. 3. Kesederhanaan (Simplicity) Tepat dan tidak berlebihan sehingga mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.
8. 4. Emphasis (Point of Interest) Pusat perhatian Pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian.
9. 1. Kesatuan (Unity) Tidak ada kesatuan terlihat cerai-berai atau kacau balau Tidak nyaman dipandang
10. 2. Keseimbangan (Balance) Melihat pohon atau bangunan yang akan roboh Tidak nyaman cenderung gelisah
11. 3. Proporsi (Proportion) Keserasian Perbandingan- perbandingan yang tepat Dalam bidang desain, proporsi dapat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman
12. 4. Irama (Rhythm) Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk – bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya
13. 5. Dominasi (Domination) Dominasi – Dominance = keunggulan. Sifat unggul dan istimewa ini menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian
Komentar
Posting Komentar